Belajar mengenal huruf hijaiyah rasanya kurang lengkap jika tidak dibarengi dengan pengenalan angka Arab. Berikut kami share tulisan angka arab 1 sampai 10 untuk kegiatan mewarnai anak-anak.

Cara menulis angka Arab tentunya berbeda dengan penulisan nomor dan huruf alfabet. Penulisan angka Arab dimulai dari kanan ke kiri, sedangkan penomoran alfabet dimulai dari kiri ke kanan.

Penulisan Angka Arab

Berikut adalah cara menulis urutan angka Arab dari 1 sampai 10 yang bisa Anda ajarkan untuk anak-anak di sekolahan maupun di rumah.

AngkaCara MembacanyaTranslate Indonesia
١ٌوَاحِدSatu
٢ِاِثْنَانDua
٣ٌثَلَاثَةTiga
٤ٌاَرْبَعَةEmpat
٥ٌخَمْسَةLima
٦ٌسِتَّةEnam
٧ٌسَبْعَةTujuh
٨ٌثَمَانِيَةDelapan
٩ٌتِسْعَةSembilan
١٠ٌعَشَرَةSepuluh
Tabel tulisan angka Arab 1 – 10 dan cara bacanya

Anak-anak usia TK dan SD kelas awal butuh metode pendekatan yang kreatif untuk mengenalkan angka-angka tersebut. Salah satunya adalah dengan cara mewarnai satu persatu.

Kalau setiap hari mewarnai satu angka, berarti perlu sepuluh hari untuk mengenalkan angka ini kepada mereka.

Gambar Mewarnai Angka Arab 1 – 10

Silahkan download gambar angka Arab 1 sampai 10 untuk kegiatan mewarnai anak-anak. Gambar sketsa berikut ini berukuran besar, sengaja kami buat terpisah satu persatu untuk di warnai di sekolah ataupun rumah.

Klik link tulisannya untuk membuka gambar dalam ukuran besar, kemudian tekan tombol download yang ada di bawah gambar.

Anda bisa mengolahnya di aplikasi pengolah kata seperti MS.Word untuk mencetak gambar-gambar ini.

Sebelum mewarnai, Anda harus mengenalkan terlebih dahulu kepada anak-anak angka berapa yang mau diwarnai. Satu hari satu angka, dalam sepuluh hari anak-anak akan hafal secara otomatis.

Setelah selesai mewarnai, Anda bisa memilih yang terbaik untuk membuat hiasan dinding menggunakan hasil karya anak-anak seperti gambar berikut.

hiasan dinding huruf hijaiyah

Gambar huruf hijaiyah bisa Anda ganti menggunakan angka dari hasil karya mewarnai yang terbaik.

Atau juga bisa dibuat semacam flash card untuk permainan agar lebih mudah untuk diingat ketika belajar sendiri di rumah bersama orang tua.

flash card angka arab
© MagicalRainbowShop

Metode pembelajaran anak-anak usia paud tentunya berbeda dengan anak-anak yang lebih besar. Usia TK lebih membutuhkan pendekatan yang kreatif dan menarik agar anak-anak suka.

Dengan metode mewarnai gambar seperti ini, tanpa disuruh menghafalpun anak-anak akan hafal dengan sendirinya karena sering melihat dan Anda sering melafalkan selama proses kegiatan mewarnai.