807 shares

Pendidikan terbaik untuk anak adalah salah satu hal yang didambakan setiap orang tua yang peduli akan pendidikan anak. Pendidikan ini sebenarnya bisa ditemukan di mana saja serta bisa ada kapanpun dan dimanapun. Namun, untuk saat ini pendidikan formal di sekolah lah yang dinilai paling valid.

Anda akan segera mengetahui pertinbangan apa saja yang bisa Anda terapkan untuk memilih pendidikan anak, baik yang bisa terjamin mencerdaskan anak dan sesuai dengan kondisi orang tua.

Di luar pendidikan formal tersebut, anak tetap harus diberi nilai-nilai pendidikan yang bersifat tidak formal yang mana bisa membuat anak lebih cerdas, mampu melihat lingkungan sekitar, dan menyelesaikan suatu masalah.

Pertimbangan Untuk Memilih Pendidikan Anak Paling Ampuh

anak sekolah membawa buku

Sebagaimana telah dibahas di atas bahwa pertimbangan yang akan disuguhkan ini tak hanya cocok untuk mengembangkan kecerdasan anak saja, melainkan juga sebisa mungkin bisa sesuai dengan kondisi orang tua.

1. Memastikan Biaya SPP dan Biaya Lain-Lain

Ada sekolah yang SPP nya bersifat gratis karena ada bantuan dari pemerintah, namun ada pula sekolah swasta yang membebankan biaya cukup banyak untuk orang tua. Misalnya saja, SPP bulanan yang mahal, uang gedung, iuran tahunan, dan lain-lain.

Orang tua harus mengerti perincian dana yang harus disiapkan ini saat memilih sekolah. Hal ini bertujuan supaya kedepannya orang tua tidak tersulitkan biaya-biaya yang harus dibayar itu tadi.

2. Memastikan Finansial Orang Tua

Setelah orang tua sudah tahu pasti perincian dana yang harus dibayarkan selama satu tahun atau sampai anak lulus, hal selanjutnya adalah dengan membandingkannya dengan keadaan finansial.

Orang tua harus bisa menghitung apakah pemasukannya mencukupi biaya pendidikan anak atau tidak. Jika sekolah yang diinginkan rupanya bisa dibayar oleh orang tua maka bukan masalah. Namun apabila sekolah yang dipilih ternyata akan memberatkan orang tua soal biaya maka disarankan untuk mencari sekolah yang lain saja.

3. Mengetahui Kualitas Pendidik atau Pengajar

Setelah urusan keadaan orang tua selesai, selanjutnya orang tua bisa menerapkan petimbangan lain untuk kecerdasan anak selama menjalankan pendidikan tersebut. Saat mendaftar, orang tua bisa menanyakan siapa pendidik yang akan diberikan, bagaimana kualitasnya, dan apa bidang spesialis yang dimiliki pendidik tersebut.

4. Membandingkan Jumlah Guru dengan Jumlah Siswa

Semakin kecil jumlah siswa dalam satu kelas maka akan semakin efektif pula kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Saat mendaftar juga, orang tua bisa menanyakan berapa murid yang akan terisi dalam satu kelas yang diisi oleh satu guru.

5. Menyesuaikan Kemampuan Bahasa Anak

Sekarang ini sudah banyak sekolah yang menawarkan sistem pembelajaran bilingual atau menggunakan bahasa asing. Namun tetap ada banyak pula pendidikan yang masih menawarkan pembelajaran dengan bahasa Indonesia.

Tak selamanya sistem pembelajaran yang menggunakan bahasa asing adalah sistem yang paling oke. Karena jika rupanya anak tidak bisa menjalaninya, anak sendiri yang akan kesulitan dan akhirnya bisa saja gagal saat menempuh pendidikan tersebut. Sebaiknya, orang tua memastikan dahulu bagaimana kemampuan anak baru memutuskan akan memberikan pendidikan dengan pembelajaran bahasa Indonesia atau bilingual.

6. Track Record dan Akreditasi Sekolah

Pertimbangan ini juga perlu diterapkan demi memberikan pendidikan sebaik mungkin kepada anak. Orang tua bisa memastikan bagaimana akreditasi dari sekolah yang dipilihnya, dan orang tua bisa mengandalkan sekolah dengan akreditasi A untuk menjamin kualitas pembelajarannya.

7. Mengetahui Kurikulum yang Digunakan

Kurikulum adalah salah satu komponen dari sistem pendidikan yang berpengaruh pada kualitas pendidikan dan hasil dari anak belajar. Pemerintah sudah memberikan kurikulum pendidikan sebaik mungkin yang cocok untuk anak-anak. Namun apabila sekolah yang dipilih rupanya menggunakan kurikulum lain maka orang tua bisa menyimaknya terlebih dahulu untuk memastikan.

8. Kondisi Lingkungan Sekolah

Poin nomor delapan untuk pertimbangan memilih pendidikan anak ini penting untuk memperbaiki atau tetap menjaga karakter yang baik dimiliki anak. Tak bisa dipungkiri, lingkungan jelas memberikan pengaruh pada karakter anak, yang mana bisa saja membuat karakternya memburuk atau membaik. Hal ini biasa dipengaruhi oleh teman-temannya dan staff sekolah.

9. Fasilitas Sekolah

Orang tua harus tahu anaknya mendapat fasilitas yang memadai atau tidak. Bisa dengan memastikan kebersihan toilet, ada tidaknya lapangan olah raga, tempat beribadah, ruang kelas, dan fasilitas lainnya yang nantinya akan digunakan anak dari pagi sampai siang atau sore.

10. Menyesuaikan dengan Karakter Anak

Apakah anak suka bermain dan belajar atau apakah anak suka mengambil kursus yang melatih keterampilannya. Orang tua harus bisa memahami anak akan keinginan dan karakternya untuk bisa menemukan pendidikan yang paling bagus untuknya.

11. Biarkan Anak Memilih

Anak juga bisa diberi kesempatan untuk memilih, apakah anak ingin pendidikan formal seperti di sekolah, mengikuti sekolah seni, sekolah alam, atau justru homeschooling.

Pertimbangan-pertimbangan di atas akan lebih memudahkan orang tua dalam mendapatkan pendidikan yang paling bagus dan paling cocok untuk anaknya. Orang tua sendiri juga lebih bisa mengatur keuangan dengan pertimbangan di atas.


Bagikan ke Teman Anda!

807 shares

Bagaimana Tanggapan Anda?

Suka Suka
0
Suka
Jelek Jelek
0
Jelek

Komentar

komentar